Maro Itoje: Bintang persatuan rugby Inggris mengatakan kurangnya pendidikan di balik rasisme sepakbola

Maro Itoje: Bintang persatuan rugby Inggris mengatakan kurangnya pendidikan di balik rasisme sepakbola

Sepak bola telah menyaksikan sejumlah insiden terkenal dari tuduhan pelecehan rasis dalam beberapa bulan terakhir yang melibatkan orang-orang seperti Raheem Sterling dari Manchester City.

Ketika ditanya mengapa rugby tampaknya kurang menderita karena rasisme daripada sepak bola, Itoje mengatakan: “Saya pikir penggemar rugby – dan orang-orang di rugby – sedikit lebih berpendidikan daripada yang ada di sepakbola.”

Dia menambahkan: “Itu bukan untuk mengatakan rugby’s perfect. Ada hal-hal halus dalam rugby yang perlu kita coba dan singkirkan dan singkirkan.”

Berbicara kepada program Today, BBC Radio Four, Itoje, yang memainkan rugby klubnya untuk Saracens, juga mengatakan persaingan sengit dan kesukuan antara penggemar klub sepakbola yang berbeda membawa “bias tak sadar” mereka ke permukaan dalam bentuk pelecehan rasis.

“Penggemar sepakbola sama berhasratnya dengan klub mereka seperti halnya mereka terhadap agama mereka, atau dalam arti tertentu negara mereka,” katanya.

“Ketika seorang pemain oposisi, yang merupakan orang kulit berwarna, merusak tim mereka, mereka kemudian mengeluarkan sesuatu karena mereka ingin menyakiti mereka. Seringkali cara mereka melakukan itu adalah dengan melecehkan mereka, dan bahwa pelecehan dianggap menyakitkan. mereka.

“Dengan itu ia pergi ke bias bawah sadar / tidak sadar bahwa banyak orang memiliki bawaan di dalamnya. Jadi ketika mereka kemudian menyemburkan pelecehan itu dan mereka mengatakan cercaan rasis terhadap mereka, itu kembali ke bias bawah sadar mereka yang sudah mereka miliki di mereka.

“Saya pikir di rugby, tidak ada yang dekat dengan suku. Para penggemar sangat bersemangat tetapi mereka bersemangat dengan cara yang berbeda. Nilai-nilai rugby sangat penting, tidak hanya untuk para pemain tetapi juga untuk staf dan para penggemar.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *